Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 Setiap Hari
Selamat Datang di Lapak Online Batik,Kerajinan Dan Yang Khas Dari Kampung Giriloyo Desa Wukirsari Kecamatan Imogiri Kabupataen Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta
Beranda » Artikel Terbaru » Cara Merawat Kain Batik Tulis

Cara Merawat Kain Batik Tulis

Diposting pada 1 Maret 2018 oleh ernibatik | Dilihat: 311 kali

 

Cara MerawatKain Batik Tulis Giriloyo

Kain Batik Tulis Giriloyo

Batik tulis bukanlah kain sembarangan untuk disandang tetapi memiliki nilai seni dan filosofi tersendiri didalamnya, Cara merawat kain batik tulis juga  butuh perlakuan khusus karena proses pembuatannya yang alami dan handmade proses pembuatannya juga rumit dan butuh waktu yang lama dalam setiap tahapapan prosesnya,alangkah baiknya kita menjaga warna batik tulis agar awet dan tidak pudar dibutuhkan perawatan khusus sebagai berikut :

Tips merawat kain batik tulis :

  1. Cucilah kain batik dengan menggunakan tangan atau manual saja karena dengan tangan kita bisa mengukur kelembutan dalam mengucek kain.
  2. Pisahkan kain batik dengan kain yang lain,jangan di campur dengan sembarangan kain karna sifat kain batik yang mudah luntur sehingga takutnya melunturi kain yang lain ataupun sebaliknya,kain batik terkena lunturan kain yang lain.
  3. Cucilah kain batik dengan larutan Lerak atau jika tidak mempunyai persediaan lerak gunakan  shampo (semua jenis sampo) bersifat aman untuk mencuci batik,yang penting jangan deterjen biasa apalagi pemutih kain.Pada Saat mencuci batik juga cukup di celupkan dalam larutan shampo / lerak dengan cara dicuci manual kalaupun di kucek dengan lembut saja,hindari juga menyikat kain.
  4. Setelah selesai di cuci kain batik jangan diperas kemudian jemur di tempat yang teduh,pengeringan kain batik cukup di angin-anginkan di tempat yang teduh supaya menghindari terik matahari secara langsung.
  5. Untuk menyetrika kain batik jangan langsung dari jemuran tapi tunggulah sebentar atau kalau sangat kering kainnya cobalah sedikit menyemprotnya dengan air.Dalam menyetrika kain batik tulis juga hendaklah di setrika dengan melapisi  kain diatasnya dengan kain polosan sehingga panasnya setrika tidak langsung mengenai kain batik
  6. Setelah selesai di setrika jangan langsung juga di masukkan dalam almari pakaian namun masukkanlah dalam plastik supaya menghindari ngengat,akan lebih baik kalau dalam menyimpan juga di beri akar pewangi alami,bisa juga dengan memberi merica bubuk yang di masukkan dalam tisu  ataupun kalau pingin yang mudah di dapat bisa juga diberi kapur barus.

Memang tidak mudah untuk merawat kain batik tulis,kain istimewa juga perlu perawatan istimewa supaya kain tidak mudah pudar dan terus terjaga kualitasnya.

 

 

 

Bagikan informasi tentang Cara Merawat Kain Batik Tulis kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Merawat Kain Batik Tulis | Erni batik

Belum ada komentar untuk Cara Merawat Kain Batik Tulis

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Motif Sampel Batik

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 1.200.000
Pre Order / EBSAMPLE
Rp 1.200.000
Pre Order / EBSAMPLE
PESAN CEPAT
Jual Wedang Uwuh Yang Berkhasiat

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 2.500
Ready Stock / WU
Rp 2.500
Ready Stock / WU
SIDEBAR