Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 Setiap Hari
Selamat Datang di Lapak Online Batik,Kerajinan Dan Yang Khas Dari Kampung Giriloyo Desa Wukirsari Kecamatan Imogiri Kabupataen Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta
Beranda » Artikel Terbaru » Tiga Tehnik Utama Membuat Batik

Tiga Tehnik Utama Membuat Batik

Diposting pada 22 Juni 2020 oleh ernibatik | Dilihat: 2.079 kali

Kita sebagai bangsa Indonesia tentunya bangga dengan dijadikannya batik sebagai warisan Kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi oleh UNESCO pada tanggal 02 Oktober 2009,tentu tidak hanya karena batik sangat erat hubungannya dengan budaya orang Indonesia sejak dulu tapi juga tehnik pembuatan batik yang unik yaitu menggunakan lilin sebagai perintang warna batik.Tehnik membuat batik dengan cara merintangi  warna dari lilin batik dengan alat canting tulis,canting cap atau kuas menjadikan keunikan tersendiri dari selembar kain batik.

Berikut kami uraikan tiga tehnik utama pembuatan batik :

Tehnik Batik dengan Tulis

Tehnik Batik dengan Tulis

1.Tehnik batik tulis

Proses pembuatan batik tulis  dengan cara melekatkan malam atau lilin batik yang di panaskan pada kain menggunakanalat bantu  canting yang nantinya akan menghasilkan kain yang dihiasi corak dan tekstur batik.

Dengan cara pembuatan batik seperti ini nantinya hasil akan bersifat individual artinya hasilnya akan tergantung dari si pembuat batik tulis, jika pengrajin yang berbakat dan sering berlatih membatik serta telaten akan menghasilkan batik yang baik,halus dan berkwalitas.

Alat dan bahan pembuatan batik tulis

1.Gawangan,adalah alat untuk membentangkan mori ketika dibatik

2.Bandul,adalah alat pemberat ketika mori dibatik supaya kain tidak bergeser.

3.Wajan batik adalah alat untuk memanaskan lilin batik atau malam.

4.Pemanas yang berupa tungku atau kompor kecil baik itu kompor berbahan  bakar minyak ataupun listrik.

5.Taplak berguna untuk memberi perlindungan pembatik dari lilin batik.

6.Dingklik atau kursi.

7.Canting adalah alat untuk menampung lilin panas dari wajan dan dipindahkan kekain dengan cara di tulis atau di coretkan pada kain.

2) Tehnik Membuat Batik Cap

Di temukannya tehnik cap pada awal abad 20 membuat pembuatan batik lebih cepat,pembuatan kain batik dengan tehik cap ini kadang juga di kombinasikan dengan batik tulis hingga kadang orang menyebutnya caplis atau batik cap dan tulis.

Proses pembuatan batik cap ialah menggunakan canting cap yang berbentuk seperti stempel dan terbuat dari tembaga,fungsi dari canting cap ialah sama dengan canting tulis yaitu merintangi warna pada kain dengan lilin dengan cara di tempelkan.

Ada beberapa cara menyusun canting cap tergantung motif batik dan bentuk capnya,cara menyusun canting cap yang sering di sebut jalannya cap ada beberapa tehnik antara lain :

a.Sistem tubrukan yaitu satu langkah ke kanan satu langkah kedepan.

b.Sistem onde-onde ialah sistem menggeser cap setengah langkah kekanan  dan satu langkah kedepan.

c.Parang adalah cara menggeser jalannya canting cap dengan menurut garis miring bergeser satu langkah.

d.Mubeng adalah tehnik menggeser canting cap dengan cara berputar salah satu sudut dari canting cap tetap pada satu titik.

Alat –alat yang diperlukan dalam pembuatan batik cap antara lain :

a.Meja cap.

b.Wajan besar untuk tembat memanaskan lilin batik.

c.Kompor.

d.Canting cap atau stempel cap.

3) Tehnik Batik Lukis

Pembuatan batik dengan tehnik melukis pada saat ini banyak dilakukan seniman batik.tehnik ini dengan jalan menempelkan lilin batik pada selembar kain dengan cara di lukis atau dengan cara dikuaskan,biasanya tehnik ini kerjakan tanpa pola dan dikerjakan secara spontan.

Itulah tiga tehnik utama tehnik pembuatan batik yang kesemuanya menggunakan lilin sebagai perintang warnanya dan pengerjaannya dengan cara manual atau tangan. ada beberapa orang yang memasukkan di luar tehnik pembuatan batik tulis,batik cap dan batik lukis dalam batik antara lain:

a.Tehnik Batik printing..

Batik printing serupa tapi tak sama,batik ini menjadi rival terberat dari batik yang sebenarnya karna pembuatannya yang mudah yaitu dengan mesin tanpa ada perintangan warna dengan lilin panas.Kain bermotif batik inibisa di produksi dengan cepat dan masal sehingga bisa menghasilkan produksi yang banyak

b.Tehnik Batik printing lilin dingin

Proses dari batik printing dengan lilin dingin hampir sama dengan proses sablon,perbedaanya bahan yang digunakan bukan cat tapi lilin yang di proses sedemikian rupa sehingga bisa meleleh di suhu dingin.

c.Tehnik batik colet

Sebenarnya perbedaannya bukan cara membatiknya tapi pada tehnik pewarnaanya dengan cara di coletkan pada kain batik sedang batik yang biasanya dengan sistem celup.

d.Tehnik batik robot

Zaman seperti sekarang semua alat sudah banyak yang di ciptakan tidak terkecuali alat mesin untuk membuat batik atau robot batik.Prinsipnya sama menggunakan canting namun yang menggerakakkannya sebuah program.

e.Tehnik celup ikat

Sering di sebut juga batik ikat celup walaupun bukan batik,tehnik ini adalah membuat warna dan motif pada kain dengan mengikat dan menutup kain yang biasanya dengan karet atau tali rafia kemudian di masukkan dalam pewarna kain.

batik kayu

batik kayu

f. Batik kayu

Batik kayu adalah batik yang medianya menggunakan kayu bukan kain,biasanya kayu yang di gunakan juga kayu-kayu yang sifatnya lunak karna mudah di bentuk dan mudah menyerap warna.batik juga di buat dengan media dari pohon bambu dan bisa juga dengan pewarna alami.

g.Batik eco print

Sering juga orang menyebutnya sebagai bagian dari batik,pembuatan eco print ialah dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti dedaunan dari alam,dedaunan di tempel pada selembar kain dan dengan tehnik tertentu sehingga menghasilkan waran yang khas menurut warana asal dari daun tersebut.

Trimakasih telah membaca tulisan kami tentang tehni membuat batik semoga bisa memberi manfaat,selanjutnya anda juga bisa membaca tulisan kami yang lain tentang Kelompok batik berkah lestari

 

Bagikan informasi tentang Tiga Tehnik Utama Membuat Batik kepada teman atau kerabat Anda.

Tiga Tehnik Utama Membuat Batik | Erni batik

Belum ada komentar untuk Tiga Tehnik Utama Membuat Batik

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
MOTIF BATIK SAMPEL

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

motif batik sampel Rp 1.200.000
Pre Order / EBSAMPLE
Rp 1.200.000
Pre Order / EBSAMPLE
PESAN CEPAT
Jual Wedang Uwuh Yang Berkhasiat

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

wedang uwuh dari Imogiri *Mulai Rp 3.000
Ready Stock / WU
*Mulai Rp 3.000
Ready Stock / WU
Batik Lereng Robyong

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

batik lereng *Harga Hubungi CS
Pre Order
*Harga Hubungi CS
Pre Order
SIDEBAR